Sejarah

Sejarah

     SMP An Najah Gondang merupakan salah satu lembaga pendidikan dibawah yayasan an Najah Nur Ummah Gondang selain Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Gondang, SMK An Najah Gondang, Madrasah Diniyah An Najah Gondang dan Pararel Class Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta di Gondang.
     SMP An Najah Gondang hadir memberikan ciri yang berbeda dengan sekolah menengah pertama (SMP) pada umumnya, yaitu dengan memadukan kurikulum pesantren seperti tahfidz, BTA, Fiqih, Fasholatan, hadits dan lain sebagainya.
Pesertadidik yang berniat menuntut ilmu di SMP An Najah Gondang disediakan asrama Pondok pesantren baik putra maupun putri, sehingga pembelajarannya menjadi seimbang antara sekolah formal dan sekolah keagamaan (madrasah Diniyah)
     Secara geografis, SMP An Najah Gondang berada dikaki gunung lawu, sehingga membawa suasana yang sejuk, menyenangkan, nyaman serta kondunsif untuk belajar.
     secara histori keilmuannya, SMP An Najah Gondang pun Pondok Pesantren An Najah Gondang tidak lepas dengan pertalian Nasab dengan Pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan Solo. Adalah KH. Ahmad Djisam bin Abdul Manan yang kemudian menikah dengan Hj, Fathonah Bin H Barmawi Gondang yang menjadi cikal bakal berdirinya pondok pesantren An Najah Gondang, dan hingga kini eksistensi Pontren An Najah diasuh oleh Dr. KH. Minanul Aziz Syathori, S.Ag,.M.Ud (Ketua MUI Kab. Sragen) adalah lurah pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan waktu itu.
     Kami, membuka peluang seluas-luasnya kepada para orang tua wali untuk bersama mencetak generasi masa depan bersama SMP An Najah Gondang